Rabu, 08 Agustus 2012 | 07:00 WIB
Jakarta, KompasOtomotif– Kendati akan diluncurkan resmi siang ini, Toyota Grand New Fortuner yang menggunakan mesin diesel dengan Variable Nozzle Turbocharger (VNT), sejak awal Agustus ini sudah dijajakan oleh para wiaraniaga Auto2000. Bahkan spesifikasi dan harga terbaru pun dirilis secara on-line. Termasuk perubahan, misalnya kap mesin baru (dilengkapi dengan duct lubang udara).
Sementara itu, semalam Jodjana Jody, CEO Auto 2000 mengatakan
tenaga Fortuner baru dengan VNT, tenaga naik cukup besar. “Karena itu
pula harganya naik,” jelasnya pada acara bukber dengan wartawan semalam di Hotel Mulia, Jakarta.
Berdasarkan “iklan” yang disebarkan wiraniaga Auto2000, Grand New
Fortuner dengan mesin diesel VNT, tenaga naik menjadi 142 PS.
Dibandingkan dengan mesin lama, tenaga ini naik sampai 40 persen atau
menjadi 142 PS. Di Thailand, untuk mesin yang sama, malah naik menjadi
144 PS.
Torsi juga naik dari 260 NM (26,5 kgm) menjadi 343 Nm (35 kgm) atau 32 persen. Dengan menggunakan teknologi injeksi langsung dan “common rail”, mesin 2KD-FTV standar emisinya diklaim mencapai Euro3
Torsi juga naik dari 260 NM (26,5 kgm) menjadi 343 Nm (35 kgm) atau 32 persen. Dengan menggunakan teknologi injeksi langsung dan “common rail”, mesin 2KD-FTV standar emisinya diklaim mencapai Euro3
Hal yang menarik dari mesin dengan mesin diesel VNT ini, tenaga dan torsi yang lebih besar diperoleh pada putaran lebih rendah. Alhasilnya, konsumsi bakarnya juga diklaim lebih irit! Begitu juga dengan akselerasinya (lihat tabel).
Kompetitor
Kendati demikian, dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, Mitsubishi Pajero, yang juga menggunakan VNT atau turbocharger dengan sudu-sudu atau daun baling-baling yang bisa berubah sudut, Grand New Fortuner masih kalah.
Pajero Sport Dakar yag menggunakan mesin diesel VNT – juga 2.5 liter - menghasilkan tenaga 178 PS (131 kW) @4.000 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm @1.800 – 3.500 rpm). Hanya paa Pajero Sport Dakar, tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada putaran leih tinggi.
Kendati demikian, dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, Mitsubishi Pajero, yang juga menggunakan VNT atau turbocharger dengan sudu-sudu atau daun baling-baling yang bisa berubah sudut, Grand New Fortuner masih kalah.
Pajero Sport Dakar yag menggunakan mesin diesel VNT – juga 2.5 liter - menghasilkan tenaga 178 PS (131 kW) @4.000 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm @1.800 – 3.500 rpm). Hanya paa Pajero Sport Dakar, tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada putaran leih tinggi.
Malah dibandingikan dengan mesin diesel Chevrolet Trailbalzer yang
akan dipasarkan General Motors Indonesia akhir tahun, Grand New Fortuner
masih kalah sedikit. Chevy Trailblazer tenaga maksimumnya 150 PS (110
PS) @3.800 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm) @ 2.300 rpm.
Perbedaan kinerja mesin diesel Grand New Fortuner dengan yang lama
Item
|
Mesin diesel dengan VNT
|
Mesin diesel dengan lama
|
Tipe
|
4-silinder, DOHC, 16 katup, VNT
|
4-silinder, DOHC, 16 katup
|
Kapasitas
|
2.494 cc
|
2.494 cc
|
Tenaga maks.kw (PS) @rpm
|
106 (144) @3.400
|
76 (102 PS)@3.600
|
Torsi maks. Nm (kgm@rpm)
|
343 (35) @1.600- 2.000
|
260(26,5) @1.600 – 2.400
|
Konsumsi bbm
|
10,8 kpl
|
11,2 kpl
|
Akselerasi 0-100 kpj
|
15,6 detik
|
20,9 detik
|
Perbedaan harga baru dan lama
Tipe
|
Harga Baru
|
Harga Lama
|
Grand New Fortuner 2.5G Diesel Manual
|
390.550.000
|
377.000.000
|
Grand New Fortuner 2.5G Diesel Matik
|
400.550.000
|
387.000.000
|
Grand New Fortuner 2.5G Diesel Manual TRD
|
415.450.000
|
401.900.000
|
Grand New Fortuner 2.5G Diesel Matik TRD
|
425.450.000
|
411.900.000
|
Catatan, Harga baru dirilis oleh Auto2000 Bandung sedangkan harga lama oleh PT Toyota Astra Motor, Jakarta
Cara kerja Variable Nozzle Turbochager
Editor :
Zulkifli BJ
No comments:
Post a Comment